Kamis, 07 Juli 2016

First experience having domestic flight

Haloo good people, hari ini aku nyempatin buat blogging..aku mau share pengalaman pertama aku naik pesawat. Ceritanya ini balik lebaran kehabisa tiket kereta, naik bus naudzubillah macetnya yasudah akhirnya pesan tiket pesawat untuk tujuan yogyakarta-jakarta air asia sj-231 seharga 800.000 IDR, mahal ya kalo harga tiket lebaran, yasudah lah. Jadi hal hal yang harus diperhatikan kalo kalian mau naik pesawat adalah....
1. Beli tiket, beli tiket jaman sekarang dari rumah udah bisa, ada aplikasi traveloka, pegi2 dll jadi ga perlu susah payah. Kalo beli online, biasanya batas pembayaran 1-3 jam setelah pemesanan, kalo kalian mau transfer antar bank WAJIB transfer lewat atm bersama kalo bank nya beda, jangan pake m-banking, internet banking atau mobile banking karena verifikasi nya bakal lama. pengalamanku setelah transfer tiket, pihak traveloka langsung otomatis memverifikasi jadi kita ga perlu repot2 verifikasi, e-ticket pun langsung terbit dan dikirimkan ke email kita. Setelah punya e-ticket sebaiknya segera cetak, karena e-ticket ini yang akan kita pake buat nuker boarding pass (tiket pesawat) yang sebenarnya.
2. Check in, nah check in disini bisa dilakukan ketika kita tiba di bandara atau melalui online check in, kalau aku online check in, jadi begitu sampai bandara tinggal pengecekan di security check..ga pelru antri panjang lebar. Semua maskapai sekarang udah kasih fasilitas online check in, jadi lebih baik buat mengehemat waktu, kalian melakukan check in secara online. Pas check in online ini kita diminta memasukkan kode booking yang tertera di e-ticket, nah kalo sudah nanti kita dipersilahkan memilih seat yang tersedia, warna hijau isi, biru kosong, keuntungan online check in adalah kesempatan dapat seat sesuai yang kita mau lebih besar, tapi perlu diingat online chek in baru bisa dilakukan minimal 24 jam sebelum tanggal keberangkatan. Nah kalo sudah check in secara online, pihak maskapai akan mengirimkan boarding pass falam bentuk file pdf ke alamat email kita, kita tinggal datang ke bandara, kalo aku nyetak tiket nya di customer service sriwijaya air di bandara, jadi sebelum masuk pastikan cetak tiket di cs masing2 maskapai penerbangan yang kalian pakai.
3. security check pertama, nah setelah dapat tiket, masuk dan tunjukkan pada petugas, kemudian kita akan diminta meletakkan tas koper dan barang bawaan kita di atas alat yang digunakan untuk memeriksa barang bawaan kita.
3. Security check kedua, nah karena aku udah dapat boarding pass dan udah check in online, aku langsung menuju ke tempat security check kedua, ini dikhusukan buat penumpang yang udah punya boarding pass nah disini bukan cuma tas koper aja yang diperiksa, tapi jam tangan, handphone, jaket pun juga diperiksa. Jangan lupa perlihatkan identitas kalian, kalau aku pakai ktp.
4.boarding lounge, setelah pemeriksaan selesai, kita tinggal nunggu jadwal penerbangan kita di ruang tunggu penerbangan domestik, kalo aku datangnya kecepetan, jam 08.00 aku udah selesai boarding, padahal di tiket jadwal boarding jam 09.00..yasudah lah tak apa..daripada telat kan.
5. Take off,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar